Jumat, 18 Mei 2012

Pandangan Hidup

Pandangan Hidup

Seseorang akan berjalan di bumi ini dengan pandangan hidup yang akan dipantulkan kepada perilaku dan perkataannya. Pandangan hidup kapitalistik yang ber-asas-kan manfaat dan hanya memikirkan materi serta menjadikannya sebagai tujuan hidup, akan membuahkan pemahaman hedonisme yang mewarisi gaya hidup konsumtif pada masyarakat dewasa ini. Sebagai contoh, tidak sedikit masyarakat Indonesia, khususnya kaum hawa yang tergila-gila dalam memenuhi keinginannya untuk mengikuti trend fesyen. 

Berbicara tentang pandangan hidup, maka tidak akan terlepas dari al-qaidah fikriyah yakni landasan dalam berfikir. Dalam hal ini apa-apa yang menjadi dasar pemahaman seseorang dalam berkehidupan


Berfikir untuk pandangan hidup yang sebenarnya.
Setiap masalah pasti memiliki sebab dan akibat, api dan asap, cause and symptoms, akses dan ekses. Seorang dokter akan mengetahui bahwa fokus dalam pengobatan bukanlah paint, tapi hurt. Seseorang yang terkena sakit demam panas tinggi harusnya bukan berfokus pada panasnya, namun justru kepada yang menyebabkan panas. Masalah yang terjadi kepada masyarakat juga sama, ada cause dan ada symptoms, ada penyebab ada gejalanya.
Gaya hidup liberal, pergaulan yang amburadul, dan pendidikan yang parah, bukanlah sebab yang menjadikan bencana dalam kehidupan. Lebih tepatnya ini adalah akibat dari pemikiran yang mendasar dari pandangan hidup kapitalisme yang tidak sesuai fitrahnya manusia, yakni sekulerisme yang menjauhkan agama sejauh-jauhnya dari kehidupan. Maka diperlukan peningkatan taraf berfikir masyarakat untuk bangkit dari keterpurukan dan gaya hidup yang kebablasan. Meningkatnya taraf berfikir inilah yang nantinya akan membawa perubahan dalam kehidupan, bahkan lebih jauh lagi perubahan pada sistem pendidikan, ekonomi, sains dan tekhnologi, akhlak, dan lainnya. Meningkatnya taraf berfikir akan mengkristalisasi dan membentuk suatu cara pandang seseorang terhadap kehidupan yang lazim disebut sebagai way of life. Pandangan hidup yang kuat dan paripurna yang menjadi standar kolektif masyarakat, yang mendorong dan menginspirasi mereka.

"Mimpi adalah kunci untuk kita menaklukkan dunia" 

Pendapat saya mengenai Pandangan hidup :

Pandangan hidup yang bertujuan untuk membahagiakan orang sekitar dengan menggunakan cara yang indah..akan menuntun ia kejalan kebahagian itu sendiri.. 

Sumber: http://www.ccde.or.id/index.php?option=com_content&view=article&id=398:pandangan-hidup-menentukan-gaya-hidup&catid=2:sorotan&Itemid=3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
;