Minggu, 10 November 2013

PERKEMBANGAN DESAIN GRAFIS DI INDONESIA SAAT INI

Desain adalah proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru. Pemodelan adalah membentuk suatu benda-benda atau obyek, membuat dan mendesain obyek tersebut sehingga terlihat seperti hidup.

Dahulu, mungkin desain grafis masih jarang digunakan atau lebih sederhana daripada sekarang. Kebanyakan orang menilai desain grafis hanya sebagai seni dan hanya memiliki keindahan. Setelah masa-masa teknologi berkembang, masyarakat mulai melihat lebih jauh mengenai desain grafis.

Kategori Desain Grafis
Secara garis besar, desain grafis dibedakan menjadi beberapa kategori:

  • Printing (Percetakan) yang memuat desain buku, majalah, poster, booklet, leaflet, flyer, pamflet, periklanan, dan publikasi lain yang sejenis.
  • Web Desain: desain untuk halaman web.
  • Film termasuk CD, DVD, CD multimedia untuk promosi.
  • Identifikasi (Logo), EGD (Environmental Graphic Design) : merupakan desain professional yang mencakup desain grafis, desain arsitek, desain industri, dan arsitek taman.
  • Desain Produk, Pemaketan dan sejenisnya. 

 Tidak hanya di negara luar. Di Indonesia pun desain grafik banyak di minati. Sebagai contoh perguruan perguruan tinggi negri atau swasta di indonesia sudah banyak mempunyai program
studi yang mempelajari Desain Grafis lebih dalam. Karna itu desain grafis sendiri tidak hanya menghasilkan gambar, lukisan, atau bahkan tulisan semata, namun desain grafis mampu memberikan wawasan dan pengetahuan tentang perfilman, periklanan, packaging, dan lain-lain.

Mengapa Desain Grafis di Indonesia saat ini sangat berkembang pesat?  
desain grafis sangat efektif untuk memberikan sarana-sarana yang mampu mengapresiasikan suatu kegiatan atau suatu acara, dapat memberikan contoh atau iklan dengan ilustrasi-ilustrasi yang menarik, mampu menghasilkan suatu rancangan produk dengan lebih maksimal, desain grafis juga dapat menjadi sarana komunikasi dan informasi yang memberikan data yang lebih jelas, mampu menjadikan hiburan dan mengeksplorasi keahlian di bidang desain.


sumber : http://ianion.wordpress.com/2012/12/10/perkembangan-desain-grafis-di-indonesia-saat-ini/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
;